Pages

Friday, July 1, 2011

KSk... Oh... KSK Riwayatku ini....

KSK atau kepanjangan dari Koordinator Statistik Kecamatan yang dulunya lebih dikenal dengan nama Mantis, adalah salah satu bagian dari BPS (Badan Pusat Statistik). KSK yang katanya merupakan ujung tombak dari BPS ini mempunyai beberapa tugas-tugas pokok sesuai UU no. 16 Tahun 1997 tentang Perstatistikan Indonesia, salah satu tugas pokok dari KSK adalah mengumpulkan data-data yang ada pada tiap Kecamatan. Dalam satu kecamatan, ditugaskan seorang KSK untuk mengkoordinir data-data yang ada di Kecamatan dan bekerja sama dengan Camat setempat dalam hal mengolah data atau kegiatan statistik lainnya.  
Dalam bekerja, KSK biasanya dibantu oleh satu atau lebih mitra statistik, sebutan bagi orang yang bekerja sama dengan BPS, dengan adanya orang-oranlg tersebut pekerjaan KSK menjadi semakin mudah, hasil yang diperoleh pun lebih memuaskan dan tepat waktu. Letak perbedaan BPS dengan Dinas atau Badan-badan pemerintahan lainnya adalah BPS dalam bekerja atau mengumpulkan data selalu berdasar pada suatu konsep yang telah ditetapkan oleh para ahli, sehingga sebelum pendataan itu dimulai, KSK beserta Mitra Statistik diberikan dasar terlebih dahulu berdasarkan konsep-konsep yang ada agar data yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan. 
Pada saat pendataan dilapangan tiap KSK diberi beberapa kewajiban-kewajiban yang harus mereka penuhi. Salah satu contohnya BPS Kab. Bombana, para KSK di BPS Bombana ini dalam melakukan tugasnya diberi beberapa kewajiban antara lain KSK harus siap menyetorkan hasil dokumen yang diperoleh dilapangan tepat waktu sesuai perjanjian yang telah disepakati bersama, dan dalam pendataan setiap KSK wajib mendata dengan sungguh-sungguh, dan wajib mengawasi mitra-mitra Statistik yang bekerja sama dengan KSK pada saat pendataan. Alhasil, timbul rasa tanggung jawab dari masing-masing KSK untuk mempertanggung jawabkan hasil yang telah mereka peroleh dilapangan. 
Pekerjaan KSK menurut waktu terbagi menjadi beberapa bagian antara lain pekerjaan rutin dan pekerjaan tahunan. Pekerjaan rutin KSK diantaranya Sakernas (Survei Tenaga Kerja Nasional), Susenas ( Survei Sosial ekonomi Nasional) yang di up date per triwulan, dan survei-survei lainnya. Sedangkan perkejaan tahunan KSK adalah pembuatan buku KCDA (Kecamatan Dalam Angka).  KCDA merupakan salah satu produk BPS, dimana dalam buku ini memuat semua informasi kecamatan mulai dari data ekonomi, pertanian, sampai data penduduk disuatu kecamatan. Koresponden atau nara sumber dari KCDA ini beragam, mulai dari Camat, lurah, Kepala-kepala desa, sampai Kepala puskesmas, kepala sekolah dan lain-lain. Semua nara sumber yang ada merupakan orang-orang terpercaya, sehingga data yang dihasilkan pun akurat. 
Selain Kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi, KSK juga diberikan hak-haknya sebagai salah satu bagian dari BPS, diantaranya, Pemberian Laptop kepada seluruh KSK se-Indonesia dan juga dalam melakukan tugasnya setiap KSK diberikan satu unit motor untuk memudahkan KSK pada saat pendataan di lapangan.
Pekerjaan KSK ini sangat sulit karena harus selalu berada dilapangan kapanpun KSK itu dibutuhkan, tak peduli panas, dingin, atau kah kondisi jalan yang tak memungkinkan untuk dilewati. Terkadang harus merasakan malu karena diusir dari rumah korespondennya, atau harus menahan rasa amarah ketika bertemu dengan konresponden yang tidak sopan. Tapi dari semua itu, ada rasa puas yang menghinggapi kami sesama KSK saat data yang kami peroleh dengan susah payah mendapat tanggapan yang baik dari orang-orang, baik itu dari pimpinan kami di BPS atau dari masyarakat luar. Banyak pula pengalaman yang kami peroleh langsung dari masyarakat, baik kaum atas maupun kaum bawah. Ada rasa iba saat bertemu dengan koresponden yang serba kekurangan, dan ada rasa geli melihat kaum atas yang serba berkecukupan tapi selalu merasa kekurangan. Seringnya menerima berbagai curahan hati dari para koresponden kami, menjadi kan kami lebih mengerti akan hidup ini, dan untuk itulah blog sederhana ini kubuat, untuk menceritakan setiap sukaku, dukaku, duka dan tawa para korespondenku yang tak pernah kalian tau.... 
SOFIANA 7406040 KSK Rarowatu Kab. Bombana

12 comments:

  1. terima kasih untuk informasinya, saya bukan seorang KSK tapi saya sedang ingin mengenal pekerjaan seorang KSK dan ingin mencoba untuk memahami dan mengerti...selalu update blognya ya...Insya Allah saya baca

    _Dewi_

    ReplyDelete
  2. Salam kenal dari BPS Kab. Cilacap jawa tengah.
    Slalu semangat ya dan tetap tersenyum menghadapi tugas-tugas ke depan yg semakin berat.

    Seksi IPDS BPS Cilacap

    ReplyDelete
  3. Good pos,nambah pengetahuan tentang KSK. Salam kenal.

    Salam PIA!

    ReplyDelete
  4. Aslm! Alhamdulillah z sdah pmbrkasn ulang blan Januari ni dlm rkutmen cpns KSK d BPS Malulu! Lalu yg ingn z txkn adl brapa lama hrus mnunggu dterbitknx SK stlh pmbrkasn tsb? Mhn pncrahnx! Trma ksh :D

    ReplyDelete
  5. Selamat malam mbak, untuk proses rekrutmen nya dulu kayak gimana mbak ? Kok sampai sekarang belom ada informasi ya tentang perekrutan KSK tersebut??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi sudah berkunjung,,, maaf baru aktif lagi ngeblognya. Dulu proses perekrutannya yg sy ikuti sm kok seperti proses perekrutan CPNS biasanya. Tahap 1 pendaftaran, pemeriksaan berkas, 2. Tes tertulis, 3. Wawancara. Untuk saat ini, memang belum ada perekrutan baru lagi. Mungkin nanti, tapi belum tau kepastian. Biasanya klo ada pendaftaran pasti diumumkan kok d web resmi bps.

      Delete
  6. Saya memang hanya seorang mitra,namun saya tau betul karakteristik para KSK. Buat kalian para KSK,smoga selalu dalam lindungan tuhan yg maha esa. Aamiin...

    ReplyDelete
  7. waahhh makasi loh.. senang skali ada yang mengapresiasi kerja kami.. amin..

    ReplyDelete